Laporan Kewirausahaan




MAKALAH WIRAUSAHA ONLINE SHOPE
(@PYZY_SHOP)




 





Disusun Oleh:
POPPY MILA FADRIANI
1613101010019

FAKULTAS KEDOKTERAN GIGI
UNIVERSITAS SYIAH KUALA
TAHUN AJARAN 2018/2019





KATA PENGANTAR

Assalamualaikum Wr.Wb

            Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT karena berkat rahmat dan karunia-Nya jualah saya dapat menyelesaikan laporan kewirausahaan ini .

            Sebagaimana sifat manusia yang tidak luput dari kesalahan , begitupun dengan saya sebagai penulis laporan ini pastinya banyak kekurangan dan kesalahan dalam pengerjaannya oleh karena  itu saya sangat mengharapkan kesediaan dari pembaca dan pihak manapun untuk dapat mengajukan kritik dan saran guna kebermanfaatan adanya laporan ini serta untuk diri saya sendiri.
           
            Walaupun demikian, kami berharap dengan disusunnya makalah ini dapat memberikan sedikit gambaran bagaimana proses penjualan dan praktek langsung kami dalam berwirausaha, serta mudah – mudahan pembaca menjadi tertarik untuk masuk kedalam dunia wirausahan.

Terimakasih.

Wassalamu'alaikum Wr.Wb


Banda Aceh , 7 Desember 2018




                                                                                                        Poppy Mila Fadriani



BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar belakang
Di zaman yang sudah modern seperti saat ini, kita tidak asing lagi dengan keberadaan smartphone. Penggunaan smartphone saat ini semakin meningkat setiap tahunnya. Terdapatnya fitur-fitur media sosial yang ditawarkan dan mudahnya mengakses internet di smartphone. Hal tersebut membuat kita lebih mudah berkomunikasi dengan teman, sahabat, bahkan dengan saudara yang sulit bertemu sekalipun. Fasilitas media sosial di smartphone ini bukan hanya untuk komunikasi saja, namun dapat dimanfaatkan untuk sarana promosi. Hal ini menjadi peluang besar untuk para produsen untuk mempromosikan barang yang mereka jual. Apalagi saat ini menjadi tren berjualan dengan smartphone dan fasilitas internet yang memadai. Tren yang sedang mengemuka di Indonesia bahkan mancanegara adalah bisnis online atau yang lebih dikenal dengan online shop.
Berbagai macam barang bisa kita dapatkan secara online. Dari mulai baju, sepatu,  tas, aksesorisnya, kosmetik, bisa kita beli secara online melalui internet, hanya dengan melakukan sekali ‘klik’ saja.
Mahasiswa di era milenial seperti sekarang tidak selalu hanya terpaku dalam proses perkuliahan. Karena sebaiknya mahasiswa melalui dunia kampus bisa mengasah kemampuan softskill-nya dibidang-bidang yang digemarinya. Untuk hal itu , sekarang sudah banyak contoh mahasiswa yang sudah bisa hidup mandiri dengan hanya bermodalkan  niat, semangat, dan keberanian dengan terjun ke dunia wirausaha menjadi pengusaha muda. Selama ini kita selalu terbelenggu dengan kata-kata bahwa menjadi pengusaha harus memiliki modal besar, karyawan yang banyak, dan rumah produki. Namun, pada kenyataannya tidaklah sama seperti apa yang didengar tersebut bahwa untuk menjadi seorang pengusaha cukup dengan bermodalkan niat, semangat, dan keberanian dimulai dari hal-hal kecil yang lama kelamaan akan menghasilkan pundi-pundi untuk diri sendiri.
Online shop, bisnis yang mudah dijalankan dan murah, karena tidak terlalu mengeluarkan modal yang sangat besar. Cukup dengan foto produk yang dijual serta posting foto tersebut di media sosial. Tujuan dari pembuatan usaha online shop ini ialah lebih kepada meningkatkan kesejahteran perekonomian perorangan yang bersifat pribadi dengan mengandalkan internet yang sedang maju pesatnya bahkan saat ini menjadi gaya hidup sebagaian orang.


B.     Tujuan
Kegiatan ini bertujuan untuk mengasah keterampilan dan melakukan pembelajaran dalam dunia usaha untuk menjadi pengusaha muda guna sebagai modal penting untuk masa depan sebagai pondasi dalam menghadapi tuntutan kebutuhan. Disisi lain, kegiatan ini juga mengisi kekosongan mahasiswa dengan hal yang bermanfaat dan bisa menghasilkan. Melalui kegiatan ini saya juga bisa menawarkan dan mempromosikan produk kepada khalayak dan teman-teman dilingkungan dekat.
Tujuan dari berwirausaha ini tidak hanya untuk memenuhi tugas MKU Kewirausahaan saja , melainkan juga mencari pengalaman dan belajar mengenai dunia berwirausaha apalagi kita berada pada era dimana semua kebutuhan relatif mengalami pelonjakan harga sehingga ilmu berwirusaha ini jika benar-benar ditekuni akan menjadi modal besar bagi setiap orang untuk memenuhi kebutuhannya baik sekarang maupun dimasa yang akan datang.

C.    Visi dan Misi
Visi
·         Memperoleh keuntungan yang sebesar-besarnya.
·         Menjadi salah satu usaha Online Shop sukses dan mampu bersaing dengan online shop lainnya.
MISI
·         Menciptakan ide-ide kreatif sebagai penarik minat para konsumen online
·         Memberikan pelayanan yang baik.
·         Menjual produk dengan harga yang terjangkau tetapi dengan kualitas bagus.

D.    Sasaran
Sasaran dari kegiatan ini adalah para pengguna media sosial instagram (Netizen) dan seluruh kalangan usia mulai dari tingkat pelajar sampai umum jadi tidak membatasi pada kelompok tertentu saja.

 BAB II
KEGIATAN USAHA

A.  Jenis Usaha
Usaha yang saya lakukan merupakan usaha berskala kecil yang menargetkan perempuan yang senang dan hobi merawat wajahnya sesuai kebutuhan yang diperlukan dengan harga yang kompetitif. Berikut aneka perlengkapan cosmetic dan lainnya yang kami tawarkan :
·         Menjual masker laboraturium
·         Menjual face mask dari berbagai merk
·         Menjual body scrub dari berbagai merk
·         Menjual lipstick dari berbagai merk
·         Penjualan perlengkapan lainnya seperti :  ring selfie light lamp, bag pouch, paket kuas masker, headband, blush on, paket brush

B.     Nama Usaha

Nama usaha yang dikembangkan diberi nama Pyzy_Shop.

C.     Rencana lokasi usaha

Rencana lokasi dari usaha ini yaitu :
·         Dengan pembuatan group pada suatu fasilitas social media yang telah disediakan dengan nama olshop “Pyzy_Shop”dengan target awal yaitu menambahkan teman yang sudah kita kenal atau sudah tersedia kontaknya.
·         Pembuatan account pada social media lainnya seperti facebook, twitter, Instagram atau kita juga dapat membuat website khusus atau pribadi ketika jumlah pelanggan menjadi semakin banyak.


D.    Media pemasaran
Produk ini saya promosikan melalui media sosial instagram yang dewasa ini sedang diminati oleh kalangan anak muda bahkan kalangan tua sehingga kami harapkan informasi ini dapat menjangkan seluruh sasaran konsumen dari produk ini. Produk ini juga saya promosikan melalui grup-grup sosial media yang harapannya peserta grup dapat tertarik dan menyebarkan produk ini dari mulut ke mulut.

E.     Penjualan
Sesuai dengan platform yang saya gunakan untuk mempromosikan produk ini yaitu Instagram biasanya para konsumen yang tertarik akan langsung melakukan DM /direct message merupakan satu fitur komunikasi pesan yang disediakan oleh Instagram. Konsumen akan memulai percakapan dengan menanyakan harga, variasi yang ada, dan jumlah pemesanan. Apablla terdapat kecocokan, konsumen akan memesan barang yang diinginkannya serta jumlahnya. Selanjutnya, owner akan mengirimkan alamat rumah agar pembeli bisa mengambil barangnya sendiri atau jika pembeli merupakan teman lingkar kampus owner, maka barang bisa diantarkan.



BAB III

ASPEK PEMASARAN

A.   Target Pemasaran

 Target Pelanggan Online Shop ini adalah semua orang yang sudah kami undang di Social Media terutama di Instagram dan WhatsApp  dan di beberapa akun Social Media yang sudah kami Follow.


B.     Strategi Pemasaran

Strategi yang akan kami jalankan pada usaha online shop ini antara lain :
·         Dengan memberikan potongan harga ongkos kirim atau  dapat juga free ongkir untuk pembelian yang berasal dari daerah Banda Aceh.
·         Harga relative kompetitif dengan olshop lainnya.
·         Cara pembayaran yang mudah dan aman, seperti bisa dilakukan dengan cara transfer via ATM
·           Gambar yang kita tawarkan sesuai dengan realita.
·           Seiring berjalannya waktu akan ada banyak promo yang akan kami tawarkan.

C.    Laporan Keuangan
*      Pengeluaran
No.
Nama item
Jumlah
Harga
1
Brush Hello Kitty
2 paket
Rp xxxxx
2
Kain Putih
1 meter
Rp xxxxx
3
Face Mask Secrete Velrose
5 box
Rp xxxxxx
4
Masker Hijab Laboraturium
12 box
Rp xxxxxx
5
Headband
1
Rp xxxx
6
Bag Pouch
1 pcs
Rp xxxxx
7
Jilbab Swarovski
2 pcs
Rp xxxxx
8
Jilbab Motif
7 pcs
Rp. xxxxxx
9
Jilbab Polos
3 pcs
Rp xxxxxx
10
Jam Tangan Geneva
1
Rp. xxxxx
11
Jam Tangan Digital
3
Rp xxxxx

TOTAL

RP xxxxxxx



*      Pemasukan
Hingga saat ini, barang yang sudah terjual adalah sebagai berikut:
No.
Nama item
Jumlah
Harga
1
Masker Hijab Laboraturium
11 box
Rp xxxxxx
2
Face Mask Secrete Velrose
3
Rp xxxxxx
3
Kue oreo coklat
5
Rp xxxxxx
4
Jam Tangan Geneva
1
Rp xxxxx
5
Jam Tangan Digital
2
Rp xxxxxx
6
Jilbab  Motif
3
Rp xxxxxx
7
Brush Hello Kitty
1
Rp xxxxx
8
Kain Putih (alas kerja lab)
6 pcs
Rp xxxxx
9
Headband
1
Rp xxxxx
Total
Rp xxxxxxx

D.    Analisis SWOT
1.      Strength
-          Bentuk menarik dan khas
-          Harga terjangkau
-          Varian rasa yang diminati banyak orang
-          Bebas ongkos kirim untuk konsumen Banda aceh dan sekitarnya

2.      Weakness
-          Instagram Pyzy_Shop masih sedikit  follower sehingga promosi kurang
-          Banyaknya pesaing yang menjual produk serupa
-          Jadwal kuliah yang terlalu padat
3.      Opotunity
-          Digemari oleh sebagian kelompok
-          Skincare termurah
4.      Threat
-          Banyaknya pesaing
-          Mencari waktu luang


BAB IV
PENUTUP
Menjadi pengusaha tidak selalu harus memiliki modal besar, cukup dengan niat, semangat  dan keberanian setiap orang sudah berkesempatan untuk menjadi pengusaha. Walaupun dewasa ini persaingan dibidang online shop sudah sangat ketat, namun sebagai pengusaha kita sudah seharusnya memberikan bumbu-bumbu khas pada produk yang dipasarkan sehingga apa yang konsumen dapatkan diproduk kita tidak akan didapatkannya di produk lain.
Secara keseluruhan, mari sama-sama kita bangun semangat untuk berwirausaha sedini mungkin untuk modal dimasa yang akan datang. Harapan saya semoga hadirnya laporan ini menjadi pemantik semangat bagi pembaca untuk dapat mulai berwirausaha dan semoga bermanfaat.


LAMPIRAN














Komentar

Postingan populer dari blog ini

PEDODONTIC TREATMENT TRIANGLE

INDIKASI DAN KONTRAINDIKASI SINGLE COMPLETE DENTUR

KATA SERAPAN