Laporan Kewirausahaan
MAKALAH WIRAUSAHA ONLINE SHOPE
(@PYZY_SHOP)
Disusun Oleh:
POPPY MILA
FADRIANI
1613101010019
FAKULTAS
KEDOKTERAN GIGI
UNIVERSITAS
SYIAH KUALA
TAHUN AJARAN
2018/2019
KATA PENGANTAR
Assalamualaikum Wr.Wb
Puji
syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT karena berkat rahmat dan karunia-Nya
jualah saya dapat menyelesaikan laporan kewirausahaan ini .
Sebagaimana
sifat manusia yang tidak luput dari kesalahan , begitupun dengan saya sebagai
penulis laporan ini pastinya banyak kekurangan dan kesalahan dalam pengerjaannya
oleh karena itu saya sangat mengharapkan
kesediaan dari pembaca dan pihak manapun untuk dapat mengajukan kritik dan
saran guna kebermanfaatan adanya laporan ini serta untuk diri saya sendiri.
Walaupun
demikian, kami berharap dengan disusunnya makalah ini dapat memberikan sedikit
gambaran bagaimana proses penjualan dan praktek langsung kami dalam
berwirausaha, serta mudah – mudahan pembaca menjadi tertarik untuk masuk
kedalam dunia wirausahan.
Terimakasih.
Wassalamu'alaikum Wr.Wb
Banda Aceh , 7 Desember 2018
Poppy
Mila Fadriani
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar belakang
Di zaman yang sudah modern seperti saat
ini, kita tidak asing lagi dengan keberadaan smartphone. Penggunaan smartphone
saat ini semakin meningkat setiap tahunnya. Terdapatnya fitur-fitur media
sosial yang ditawarkan dan mudahnya mengakses internet di smartphone. Hal
tersebut membuat kita lebih mudah berkomunikasi dengan teman, sahabat, bahkan
dengan saudara yang sulit bertemu sekalipun. Fasilitas media sosial di
smartphone ini bukan hanya untuk komunikasi saja, namun dapat dimanfaatkan
untuk sarana promosi. Hal ini menjadi peluang besar untuk para produsen untuk
mempromosikan barang yang mereka jual. Apalagi saat ini menjadi tren berjualan
dengan smartphone dan fasilitas internet yang memadai. Tren yang sedang
mengemuka di Indonesia bahkan mancanegara adalah bisnis online atau yang lebih
dikenal dengan online shop.
Berbagai macam barang bisa kita dapatkan
secara online. Dari mulai baju, sepatu, tas, aksesorisnya, kosmetik, bisa
kita beli secara online melalui internet, hanya dengan melakukan sekali ‘klik’
saja.
Mahasiswa di era milenial seperti
sekarang tidak selalu hanya terpaku dalam proses perkuliahan. Karena sebaiknya
mahasiswa melalui dunia kampus bisa mengasah kemampuan softskill-nya dibidang-bidang yang digemarinya. Untuk hal itu ,
sekarang sudah banyak contoh mahasiswa yang sudah bisa hidup mandiri dengan
hanya bermodalkan niat, semangat, dan
keberanian dengan terjun ke dunia wirausaha menjadi pengusaha muda. Selama ini
kita selalu terbelenggu dengan kata-kata bahwa menjadi pengusaha harus memiliki
modal besar, karyawan yang banyak, dan rumah produki. Namun, pada kenyataannya
tidaklah sama seperti apa yang didengar tersebut bahwa untuk menjadi seorang
pengusaha cukup dengan bermodalkan niat, semangat, dan keberanian dimulai dari
hal-hal kecil yang lama kelamaan akan menghasilkan pundi-pundi untuk diri
sendiri.
Online shop, bisnis yang mudah
dijalankan dan murah, karena tidak terlalu mengeluarkan modal yang sangat
besar. Cukup dengan foto produk yang dijual serta posting foto tersebut di
media sosial. Tujuan dari pembuatan usaha online shop ini ialah lebih
kepada meningkatkan kesejahteran perekonomian perorangan yang bersifat pribadi
dengan mengandalkan internet yang sedang maju pesatnya bahkan saat ini menjadi
gaya hidup sebagaian orang.
B.
Tujuan
Kegiatan ini bertujuan untuk mengasah
keterampilan dan melakukan pembelajaran dalam dunia usaha untuk menjadi
pengusaha muda guna sebagai modal penting untuk masa depan sebagai pondasi
dalam menghadapi tuntutan kebutuhan. Disisi lain, kegiatan ini juga mengisi
kekosongan mahasiswa dengan hal yang bermanfaat dan bisa menghasilkan. Melalui
kegiatan ini saya juga bisa menawarkan dan mempromosikan produk kepada khalayak
dan teman-teman dilingkungan dekat.
Tujuan dari berwirausaha ini tidak hanya
untuk memenuhi tugas MKU Kewirausahaan saja , melainkan juga mencari pengalaman
dan belajar mengenai dunia berwirausaha apalagi kita berada pada era dimana
semua kebutuhan relatif mengalami pelonjakan harga sehingga ilmu berwirusaha
ini jika benar-benar ditekuni akan menjadi modal besar bagi setiap orang untuk
memenuhi kebutuhannya baik sekarang maupun dimasa yang akan datang.
C.
Visi dan Misi
Visi
·
Memperoleh
keuntungan yang sebesar-besarnya.
·
Menjadi salah
satu usaha Online Shop
sukses dan mampu bersaing dengan online shop lainnya.
MISI
·
Menciptakan ide-ide kreatif sebagai penarik minat para konsumen
online
·
Memberikan pelayanan yang baik.
·
Menjual produk dengan harga yang terjangkau tetapi dengan
kualitas bagus.
D.
Sasaran
Sasaran dari kegiatan ini adalah para
pengguna media sosial instagram (Netizen)
dan seluruh kalangan usia mulai dari tingkat pelajar sampai umum jadi tidak
membatasi pada kelompok tertentu saja.
BAB II
KEGIATAN
USAHA
A. Jenis Usaha
Usaha yang saya lakukan merupakan usaha berskala
kecil yang menargetkan perempuan yang senang dan hobi merawat wajahnya sesuai
kebutuhan yang diperlukan dengan harga yang kompetitif. Berikut aneka
perlengkapan cosmetic dan lainnya yang kami tawarkan :
·
Menjual masker laboraturium
·
Menjual face
mask dari berbagai merk
·
Menjual body
scrub dari berbagai merk
·
Menjual lipstick
dari berbagai merk
·
Penjualan
perlengkapan lainnya seperti : ring
selfie light lamp, bag pouch, paket kuas masker, headband, blush on, paket
brush
B.
Nama Usaha
Nama usaha yang dikembangkan
diberi nama Pyzy_Shop.
C. Rencana
lokasi usaha
Rencana lokasi dari usaha
ini yaitu :
·
Dengan pembuatan group pada suatu fasilitas social media yang
telah disediakan dengan nama olshop “Pyzy_Shop”dengan target awal yaitu
menambahkan teman yang sudah kita kenal atau sudah tersedia kontaknya.
·
Pembuatan account pada social media lainnya seperti facebook,
twitter, Instagram atau kita juga dapat membuat website khusus atau pribadi
ketika jumlah pelanggan menjadi semakin banyak.
D.
Media pemasaran
Produk ini saya promosikan melalui media
sosial instagram yang dewasa ini
sedang diminati oleh kalangan anak muda bahkan kalangan tua sehingga kami harapkan
informasi ini dapat menjangkan seluruh sasaran konsumen dari produk ini. Produk
ini juga saya promosikan melalui grup-grup sosial media yang harapannya peserta
grup dapat tertarik dan menyebarkan produk ini dari mulut ke mulut.
E.
Penjualan
Sesuai dengan platform yang saya gunakan
untuk mempromosikan produk ini yaitu Instagram
biasanya para konsumen yang tertarik akan langsung melakukan DM /direct message merupakan satu fitur
komunikasi pesan yang disediakan oleh Instagram.
Konsumen akan memulai percakapan dengan menanyakan harga, variasi yang ada, dan
jumlah pemesanan. Apablla terdapat kecocokan, konsumen akan memesan barang yang
diinginkannya serta jumlahnya. Selanjutnya, owner akan mengirimkan alamat rumah
agar pembeli bisa mengambil barangnya sendiri atau jika pembeli merupakan teman
lingkar kampus owner, maka barang bisa diantarkan.
BAB
III
ASPEK
PEMASARAN
A. Target
Pemasaran
Target Pelanggan
Online Shop ini adalah semua orang yang sudah kami undang di Social Media
terutama di Instagram dan WhatsApp dan
di beberapa akun Social Media yang sudah kami Follow.
B.
Strategi Pemasaran
Strategi yang akan kami jalankan pada usaha online shop ini
antara lain :
·
Dengan
memberikan potongan harga ongkos kirim atau dapat juga free ongkir untuk
pembelian yang berasal dari daerah Banda Aceh.
·
Harga
relative kompetitif dengan olshop lainnya.
·
Cara
pembayaran yang mudah dan aman, seperti bisa dilakukan dengan cara transfer via
ATM
·
Gambar yang kita tawarkan sesuai
dengan realita.
·
Seiring berjalannya waktu akan ada
banyak promo yang akan kami tawarkan.
C.
Laporan Keuangan
Pengeluaran
No.
|
Nama item
|
Jumlah
|
Harga
|
1
|
Brush Hello
Kitty
|
2 paket
|
Rp xxxxx
|
2
|
Kain Putih
|
1 meter
|
Rp xxxxx
|
3
|
Face Mask
Secrete Velrose
|
5 box
|
Rp xxxxxx
|
4
|
Masker Hijab Laboraturium
|
12 box
|
Rp xxxxxx
|
5
|
Headband
|
1
|
Rp xxxx
|
6
|
Bag Pouch
|
1 pcs
|
Rp xxxxx
|
7
|
Jilbab
Swarovski
|
2 pcs
|
Rp xxxxx
|
8
|
Jilbab Motif
|
7 pcs
|
Rp. xxxxxx
|
9
|
Jilbab Polos
|
3 pcs
|
Rp xxxxxx
|
10
|
Jam Tangan
Geneva
|
1
|
Rp. xxxxx
|
11
|
Jam Tangan
Digital
|
3
|
Rp xxxxx
|
TOTAL
|
RP xxxxxxx
|
Pemasukan
Hingga saat ini, barang yang sudah
terjual adalah sebagai berikut:
No.
|
Nama item
|
Jumlah
|
Harga
|
1
|
Masker Hijab
Laboraturium
|
11 box
|
Rp xxxxxx
|
2
|
Face Mask
Secrete Velrose
|
3
|
Rp
|
3
|
Kue oreo
coklat
|
5
|
Rp
|
4
|
Jam Tangan
Geneva
|
1
|
Rp
|
5
|
Jam Tangan
Digital
|
2
|
Rp
|
6
|
Jilbab Motif
|
3
|
Rp
|
7
|
Brush Hello
Kitty
|
1
|
Rp
|
8
|
Kain Putih
(alas kerja lab)
|
6 pcs
|
Rp
|
9
|
Headband
|
1
|
Rp xxxxx
|
Total
|
Rp xxxxxxx
|
D.
Analisis SWOT
1.
Strength
-
Bentuk menarik
dan khas
-
Harga terjangkau
-
Varian rasa yang
diminati banyak orang
-
Bebas ongkos
kirim untuk konsumen Banda aceh dan sekitarnya
2.
Weakness
-
Instagram Pyzy_Shop
masih sedikit follower sehingga promosi kurang
-
Banyaknya
pesaing yang menjual produk serupa
-
Jadwal kuliah
yang terlalu padat
3.
Opotunity
-
Digemari oleh
sebagian kelompok
-
Skincare
termurah
4.
Threat
-
Banyaknya
pesaing
-
Mencari waktu
luang
BAB IV
PENUTUP
Menjadi pengusaha tidak selalu harus
memiliki modal besar, cukup dengan niat, semangat dan keberanian setiap orang sudah
berkesempatan untuk menjadi pengusaha. Walaupun dewasa ini persaingan dibidang
online shop sudah sangat ketat, namun sebagai pengusaha kita sudah seharusnya
memberikan bumbu-bumbu khas pada produk yang dipasarkan sehingga apa yang
konsumen dapatkan diproduk kita tidak akan didapatkannya di produk lain.
Secara keseluruhan, mari sama-sama kita
bangun semangat untuk berwirausaha sedini mungkin untuk modal dimasa yang akan
datang. Harapan saya semoga hadirnya laporan ini menjadi pemantik semangat bagi
pembaca untuk dapat mulai berwirausaha dan semoga bermanfaat.
Komentar
Posting Komentar